Rabu, 30 Juni 2010

Cegah Pikun dengan Jalan Kaki

Menurut peneliti dari Mayo Clinic di Minnesotta Amerika Serikat, membaca dan merajut merupakan latihan otak yang sangat efektif untuk mencegah pikun. Dalam penelitian tersebut, membaca dan merajut dapat mencegah kepikunan di usia 70 sampai 80 tahun. "Meskipun usia sudah tua tiada kata terlambat untuk melatih otak", demikian papar Yonas Geda, psikiater otak dari Mayo Clinic.
Selain itu, ada juga aktivitas fisik yang bisa mencegah penuaan. Kerrie L Moreon, PhD, peneliti dari Universitas Colorado, olahraga seperti joging dan jalan kaki dapat memperlancar sirkulasi oksigen, peredaran darah dan distribusi nutrisi ke seluruh anggota tubuh. Secara otomatis, selain fisik sehat, otak pun mendapat cukup oksigen, darah dan nutrisi. Manfaat lain yang dapat diambil adalah produksi kolagen dalam tubuh akan lebih aktif. Hal ini sangat menguntungkan bagi kulit karena kelembabannya selalu terjaga.
Di dalam penelitiaanya, terbukti bahwa pembuluh darah wawnita usia 60 tahun ternyata sama sehat dengan wanita usia 28 tahun asalkan sejak muda selalu berjalan kaki setidaknya 40 menit setiap hari. Selain itu kalori yang terbakar selama aktivitas itu kurang lebih 450 kalori. Jelas sekalijalan kaki adalah olahraga murah dan efektif untuk membuat kita awet muda.

(disarikan dari Tunas Bangsa, Edisi 125 Tahun IV/28Juni-5 Juli 2010)